Pages

Thursday, September 23, 2010

My 1st senam hamil

Sharing senam hamil kmaren nih guys 8) , ternyatahh susah susah gampang ya boo.... overall sih gerakannya gampang cuman secara gw bawa "bawaan" 2kg an masti gerakannya udah mulai terbatas donks, emang sih intinya mah latihan pernafasan justru gerakan2 senamnya cuma buat extra aja, dan bisa dilakuin sendiri dirumah, yang paling susah itu adalah pernafasan perut krn itu yang dipake buat lahiran.
Jadi kemaren 1 kelas isi 8 orang semua dapet kasur-masing-masing plus bantalnya, jd gw bisa tidur dulu kalo lagi nunggu peserta yang lain. Anyway yang diajarin pas lagi senam tuh diantaranya sbb :

  • Stretching

  • Latihan pernapasan (dada dan perut) dengan ambil napas via hidung dan hembuskan via mulut — Ternyata napas dada lebih susah daripada napas perut lho…
  • Bridging (gerakan ngangkat perut sambil tiduran gitu) — Gunanya untuk mengembalikan postur tubuh kita yang selama hamil agak berubah karena harus menyokong perut yg membesar. Hwaaah, berat bo!
  • Ankle pumping – Gunanya untuk mencegah kaki bengkak (kaya kaki gw yang udah segede gajah). Caranya, luruskan kaki. Gerakkan telapak kaki ke atas, kebawah, putar2 ke samping arah luar & dalam.
  • Gerakan kegel — Untuk menguatkan otot2 vaginal biar ntar nggak kendor pas udah tuanya. Caranya dengan menarik / mengangkat pantat sampe berasa otot2nya ketarik kaya kalo kita nahan pup / nahan pipis. Oya, untuk gerakan kegel ini, ternyata seberapa sering kita mampu melakukannya ga penting, yang penting itu adalah seberapa lama kita bisa nahan otot kegel itu, soalnya ternyata nahan kegel lama2 itu ga gampang juga lho.
  • Belajar mengejan yang benar — Nah…ini yang lumayan susyah, ternyata mengejan ga boleh sembarangan, soalnya kalo salah bisa2 pembuluh darah daerah mata pecah. Jadi, caranya yang bener adalah ambil napas dalam – dalam, trus saat menghembuskan berusaha dorong perut ke arah bawah, jangan sekali – sekali ditahan! Dan jangan didorong ke arah pantat kaya mau pup gitu, dorong perut ke arah vagina. Huaaah, susah neranginnya, apa lagi ngelakuinnya. Untung saya masih punya beberapa minggu ke depan buat berlatih.



jadiii jangan yaaa dianjurkan banget deh buat bumil yang newbie kek gw biar lancar dan gak kaget pas menghadapi persalinan ntar